Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Para Pendidik Harus Semangat Mendidik Generasi dengan Basis Islam

TintaSiyasi.com -- Akhir tahun 2022 tidak semua masyarakat mewarnainya dengan pesta pora. Ternyata banyak masyarakat, baik kalangan tokoh, pendidik, ibu rumah tangga bahkan remaja yang justru mengisinya dengan acara penuh makna. Bertepatan dengan Sabtu, 7 Jumadil Akhir 1444 mereka yang peduli dengan generasi ini berkumpul untuk membahas kepedulian mereka terhadap generasi muda yang harusnya memimpin umat. Hadir salah satu pendidik yang langsung bersentuhan dengan para generasi pelajar yang turut memberikan pemaparan menggugah.

Dwi Hendriyanti, S.Pd yang merupakan praktisi pendidikan menuturkan akan pentingnya pendidik yang mendidik dengan basis Islam. Terutama dalam membina pemuda-pemudi menjadi pemimpin kebangkitan Islam yang tangguh.

Kriteria pendidik yang diperlukan adalah pendidik yang baik akidah Islamnya. Islam disini adalah Islam yang bukan saja sebagai agama ritual, namun juga agama yang berupa aturan-aturan sebagai rujukan generasi. Sehingga, kehidupan para generasi memiliki pola yang lurus, taat akan aturan yang telah ditetapkan oleh Sang Khalik.

Guru yang baik adalah mereka yang memfasilitasi dengan wadah pemahaman Islam. Pemahaman Islam dapat diterima bukan saja berasal dari guru pendidikan agama. Namun, semua guru memiliki pemahaman akan agama Islam yang baik. Hal ini menunjukkan kehidupan Islam yang menyeluruh, bukan sekuler. Tentu saja hal ini tidak kita jumpai dalam sistem pendidikan yang sekuler kapitalis seperti yang saat ini diterapkan. 

Dwi juga menyampaikan bahwa pendidik generasi bukan saja pendidik dalam sekolah formal, yang berarti sekolah. Namun, dapat diberikan oleh siapa saja. Hal ini karena masyarakat yang Islami akan memberikan lingkungan yang mendukung untuk para generasi muda. Beliau memberikan semangat bagi masyarakat agar turut mendidik generasi umat. Semangat itu adalah sesuatu hal yang bisa ditularkan. Jika kita bisa menularkan semangat Islam, semangat mengkaji Islam, maka semangat ini juga akan ditularkan ke semua, khususnya generasi muda.

#PahamiIslamKafah
#GenerasiMudaPimpinPerubahan
#SelamatkanGenerasidenganIslam


Oleh: Hima Dewi, S.Si.
Aktivis Muslimah Kediri

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments