Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Analis MUM: Berharap kepada Allah tetapi Ingkar?


TintaSiyasi.com -- Divisi Politik Pendidikan, Heni Trinawati, S. Si mengatakan mungkinkah seorang Muslim yang raja' (berharap) kepada Allah, tetapi pada realitasnya mengingkari Allah? 

"Mungkinkah kita raja' (berharap) kepada Allah, tetapi pada realitasnya ternyata manusia mengingkari Allah?" ujarnya di Mumtaz Pol 7: Sekularisme Mengancam Generasi dan Perempuan, Selasa (10/01/2023) di YouTube TintaSiyasi Channel.

Selanjutnya ia beberkan perihal keingkaran manusia kepada Allah yaitu ketika melakukan perbuatan tidak mengunakan apa yang telah diputuskan Allah dan Rasul-Nya, melainkan memperturutkan hawa nafsu manusia.

Ia mengutip surah An-Nisa 65, Allah SWT berfirman:

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُوْنَ حَتّٰى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوْا فِيْۤ اَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا." 

"Maka demi Tuhanmu sesungguhnya mereka itu dikatakan tidak beriman sampai kemudian mereka itu menjadikan kamu ya Rasulullah sebagai Hakim, nah Hakim itu pemutus perkara, terhadap apa-apa yang mereka (manusia) perselisihkan. Kemudian mereka itu menerima dengan apa namanya penerimaan yang legawa kalau bahasa Jawa, penerimaan yang benar-benar menerima, tidak ada kemudian mereka itu berkeluh kesah atas keputusan Allah dan Rasul-Nya." (TQS. An-Nisa: 65)

Ia menjelaskan bahwa di dalam ayat tersebut Allah bersumpah atas nama diri-Nya. "Allah menggunakan sumpah dengan namanya itu ayat yang sangat genting, perhatikan baik-baik itu ayat apa pesannya"

Namun, realitas saat ini, ia menilai, orang Muslim disuruh menutup aurat saja sudah bilang kepanasan, akhirnya mereka membuka aurat di jalan. "Kemudian di kendaraan umum dilecehkan, protes. Padahal yang sudah menutup aurat terkadang dilecehkan bahkan ada yang hendak dibunuh ketika pulang ngaji. Apalagi yang enggak menutup aurat," tegas dia.

Aturan Kehidupan 

Heni juga mengatakan dalam cakupan masalah politik, sosial budaya dan sebagainya seharusnya disolusikan dengan Islam oleh sebuah institusi besar yaitu sebuah negara. Karena Islam itu sebuah agama yang memiliki aturan seluruh kehidupan, aspek-aspek di dalam kehidupan. 

"Karena Muslim yang beriman, tetapi tidak mau menggunakan aturan Islam, maka dikatakan oleh Allah sendiri sesungguhnya mereka tidak beriman," imbuh Heni.

Ia menegaskan sikap raja', seorang Muslim kepada Allah akan bisa terealisasi apabila seorang Muslim beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Dengan diwujudkan dalam perjuangan secara bersama-sama untuk penerapan syariat Islam.[] Yesi
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments