Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Ismail: Ada Peluang Berdirinya Khilafah di Rusia


TintaSiyasi.com - Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto menyampaikan ada peluang untuk mendirikan khilafah di wilayah Rusia. "Ada peluang untuk mendirikan khilafah di wilayah Rusia," paparnya di YouTube Peradaban Islam ID: Krisis Ukraina dan Masa Depan Khilafah, Sabtu (05/03/2022). 

"Nah, jika ditanya bagaimana peluang itu secara historis, itu dia sangat dekat. Ibarat kata kita tinggal membuka satu lembar saja langsung ketemu Kekhilafahan Utsmani, lalu membuka lembar kedua sudah ketemu Kekhilafahan Abbasiyah, lembar ketiga ketemu Kekhilafahan Umayyah," ujarnya.

Menurutnya, umat Islam di wilayah itu memang tidak bisa lepas dari sejarah kekhilafahan, karena mereka menjadi Islam akibat dari dakwah di masa Umar bin Khatab, Umayyah, dan Utsmaniyah. Jadi itu adalah wilayah-wilayah yang lekat dengan sejarah kekhilafahan. 

"Nah, hari ini mereka menjadi bagian dari negara-negara merdeka eks Uni Soviet. Perlu proses recovery yang tidak ringan untuk mengembalikan kekhilafahan di sana akibat pengaruh sosial dan politik," tandasnya. 

Selain itu, menurutnya, adanya politik global yang tidak akan merelakan secuil wilayah bekas kekhilafahan Islam itu menjadi pangkal tumbuhnya Kekhilafahan Islam kembali. 

"Itu tidak akan pernah terjadi, sebagai contoh di Al-Jazair seperti yang terjadi pada partai FIS, demikian juga yang terjadi di Mesir. Jadi sebenarnya kesadaran itu sangat dekat sekali karena secara sejarah pernah menjadi bagian dari kekhilafahan," tutupnya.[] Emmy
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments