Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Islam Memberikan Jalan untuk Dapatkan Pahala, Gugurkan Dosa, dan Perbaiki Diri


TintaSiyasi.com -- Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Drg. Carissa Grani mengatakan, Islam banyak memberikan jalan untuk mendapat pahala, mengugurkan dosa, dan memperbaiki diri.

"Alhamdulillah Islam banyak memberikan jalan untuk kita mendapat pahal, untuk mengugurkan dosa, dan memperbaiki diri," tuturnya dalam acara Tahrib Ramadhan: Ramadhan Berkah dengan Syariah Kaffah, Ahad (27/3/2022) di YouTube Khilafah Channel.

Ia mengatakan, puasa Ramadhan diwajibkan bagi seluruh Muslim, namun jikalau ada kendala Islam memberikan alternatif.

"Walaupun wajib pun (puasa Ramadhan) juga ada (keringanan) kalau misalnya sakit, kalau ibu yang hamil, ibu menyusui, ataupun orang lansia ada solusi alternatif," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa dari sisi spiritual puasa itu memberikan pahala. "Ternyata puasa itu tidak hanya luar biasa pahalanya dari sisi spiritualnya," imbuhnya. 

Ia juga menjelaskan bahwasanya karena latar belakang dari medis sehingga meneliti alasan diwajibkan puasa di bulan Ramadhan.

"Saya jadi pengin tahu kenapa sih kok diwajibkan puasa, hari senin-kamis disunnahkan puasa, ada apa sih dipuasa ini. Yang diwajibkan 14-15 abad yang lalu terbukti sekarang bahwa ‘diet ala Rasulullah’ terbukti yang terbaik di mana ketika kita makannya sedikit, kita lapar justru tubuh kita fokus untuk memperbaiki diri untuk regenerasi, sementara kalau kita terlalu makan, kalau tidak ada perintah puasa malah tubuh akan sibuk mengurai makanan malah mungkin untuk memperbaiki diri jadi lupa, tidak sempat," paparnya.

Ia juga mengungkapkan, Islam mengajak untuk senantiasa berpikir menggunakan akal dan iman sehingga seimbang.

"Islam ini yang begitu yang paling terasa bagaimana kita terpacu untuk diajak selalu berpikir menggunakan akal dan iman seimbang, tidak hanya imannya saja tetapi akalnya tidak dipakai atau lebih mengedepankan akal tetapi imannya tidak," pungkasnya. [] Alfia Purwanti
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments