Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Ismail Yusanto: Hukum Buatan Manusia Mudah Hancur


TintaSiyasi.com -- Merespons peluncuran buku Pancasila 404: Not Found pada milad Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum., Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto memberikan komentar bahwa hukum buatan manusia akan mudah hancur.

"Hukum buatan manusia akan mudah hancur, sebagaimana Pancasila," tegasnya di kanal YouTube Prof. Suteki, Rabu (02/02/2022).

"Ditulis di dalam buku itu, ideologi buatan manusia akan cepat sekali hancur ketika: pertama, secara objektivitas tidak lagi mengandung kebenaran, yang berarti secara operasionalnya tidak bisa menyelesaikan persoalan. Kedua, secara subyektif pendukungnya tidak lagi memahami, mematuhi, dan mengadopsikannya dengan dinamika atau perkembangan masyarakat. Yang terjadi hari ini di masyarakat, diakui atau pun tidak, mereka bukan mengadopsi Pancasila, tetapi mengambil dari liberalisme, kapitalisme, dan doktrin-doktrin HAM dari Barat," paparnya.

Ustaz Ismail mempertanyakan, jika Pancasila itu sebuah kebenaran, maka ideologi yang keluar dari Pancasila itu yang mana. "Apakah sistem politik demokrasi yang sesuai dengan Pancasila? Jadi secara objektif, Pancasila tidak mengandung kebenaran," terangnya.

"Jadi saya sependapat dengan apa yang ditulis oleh Prof. Suteki di bagian pengantar, bahwa kita bisa membandingkan Pancasila dengan ideologi di dunia dengan harapan dapat menempatkan Pancasila secara tepat sebagai posisi pokoknya. Apakah sebagai pandangan hidup, ideologi nasional, dasar negara, atau the mother of appreciation," pungkasnya.[] Emmy
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments