Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RI Mau Beli Jet Tempur, eLSEI Khawatir Itu Hanya Cover saja


Covernya Saja, Esensi Kedaulatannya Belum: Argumen

TintaSiyasi.com -- Rencana pemerintah Republik Indonesia (RI) membeli jet tempur dikhawatirkan Arif Firmansyah, SE., M.M. hanya cover (topeng) saja. "Memang ini isu nasional berkaitan dengan sistem politik ekonomi dan sistem lainnya. Saya khawatir ini hanya cover-nya bukan esensinya. Kita tahu bahwa menjaga pertahanan dan keamanan nasional itu penting. Namun, kedaulatan negara jauh lebih penting untuk saat ini," tutur Analis Lingkar Studi Ekonomi Ideologis (eLSEI) dalam Insight ke-137 Pusat Kajian dan Analisis Data bertajuk Borong Jet Tempur, Siapa Mau digempur Jendral? Senin (14/2/2022) di YouTube Pusat Kajian dan Analisis Data.
 
Ia menyatakan kekhawatirannya akan tujuan pembelian jet tempur ini disamping kondisi ekonomi nasional yang belum berdaulat penuh dari pinjaman dari negara lain. Ia menambahkan argumennya seputar anggaran yang seharusnya terbuka kepada masyarakat. 
 
"Jadi, meski untuk kepentingan menjaga pertahanan dan keamanan nasional, masyarakat juga berhak mengetahuinya. Ketika anggaran masih bergantung dengan pinjaman dari luar negeri. Artinya, pinjaman tersebut akan mengkhawatirkan bagi nasib negeri ini dengan beragam clausul didalam perjanjian pinjaman luar negeri," jelasnya.

"Ekonomi saja kita masih menganggarkan pinjaman dari luar negeri. Dari sisi ekonomi ini saja menunjukkan kita belum berdaulat penuh. Hal ini menjadikan negeri ini terikat dengan negara pemberi pinjaman," ungkap Arif Firmansyah.

Karenanya dengan beragam isu publik yang ada di negeri ini, menurut Arif Firmansyah tugas publik juga penting dilakukan memantau kinerja pemerintah. "Tugas saya dan kita semua adalah memantau kinerja pemerintah. Seberapa mereka bekerja untuk negara ini," pungkasnya.[]HN/Ika Mawarningtyas
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments