Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pakar Ekonomi: Dalam Islam, Jaminan Hari Tua Tanggung Jawab Negara


TintaSiyasi.com -- Pakar Ekonomi Dr. Arim Nasim, SE., M.Si., Ak., CA. mengatakan, dalam Islam jaminan hari tua merupakan tanggungjawab negara.

"Dalam Islam, kesejahteraan rakyat termasuk jaminan hari tua itu tanggung jawab negara, bahkan sampai meninggal," bebernya kepada TintaSiyasi, Senin (14/02/2022).

Ia mengatakan, kalau masih ada rakyat yang punya utang dan tidak ada ahli warisnya, maka negara wajib membayarnya.

"Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, 'Barang siapa yang mati meninggalkan harta, harta itu untuk ahli warisnya, tetapi barang siapa yg mati meninggalkan utang atau anak isteri yang lemah (miskin), maka datanglah kepadaku, karena aku yang akan mengurusnya.'," tuturnya.

Arim menilai, mekanisme jaminan kesejahteraan dalam sistem ekonomi Islam dilakukan dengan dua mekanisme. "Pertama, untuk pemenuhan kebutuhan pokok jasa seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan langsung dipenuhi oleh negara," ujarnya.

"Negara akan memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan keamanan dengan murah, bahkan gratis bagi yang tidak mampu," urainya.

Kedua, untuk kebutuhan pokok sandang, pangan, dan papan melalui mekanisme tidak langsung. "Mulai mewajibkan bekerja dan menyediakan lapangan pekerjaan, memaksa kerabat yang menjadi ahli waris untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok yang menjadi tanggung jawabnya.

"Dan terakhir, kalau tidak ada baru tanggung jawab negara secara langsung untuk memenuhi kebutuan rakyat," tandasnya.[] Munamah
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments