Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Generasi Muslim Meneladani Habits Rasulullah SAW


TintaSiyasi.com -- Sudah selayaknya kita sebagai generasi muda, mulai bangkit dan meninggalkan kebiasaan- kebiasaan yang sejatinya jauh dari Islam. Kembali kepada teladan terbaik kita yaitu Rasullullah SAW.

Kak Nun berbagi trik kepada puluhan peserta acara Smart With Islam (SWI) Bangil bernuansa Kajian Populer (K-Pop) dengan tema Holiday Challenge: Remove Your Habits di Green House, Bangil pada Ahad (18/6/2023).

Kak Nun menuturkan fakta seputar kondisi remaja saat ini. Meski tampak perbedaan yang cukup nyata antara generasi remaja saat ini dengan era Rasulullah SAW. 

"Kondisi remaja saat ini sudah banyak terpengaruh dengan kehidupan ala Barat yang sejatinya jauh dari Islam. Mereka memilih kehidupan yang serba bebas tanpa terikat aturan Islam. Kebiasaan mereka mulai bangun tidur hingga tidur lagi sangat jauh dengan apa yang pernah dicontohkan oleh Rasullullah SAW," tutur Kak Nun yang juga seorang traveler ini.

Lanjut, Kak Nun juga berbagi trik agar liburannya generasi remaja muslim utamanya perlahan tapi pasti mampu meneladani apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

"Seharusnya kita sebagai pemuda muslim wajib meneladani apa yang dicontohkan oleh Rasullullah saw. termasuk dalam hal habits. Entah liburan atau hari biasa sebenarnya misalnya:
Pertama. sebagai generasi kita harus mempunyai scedule atau jadwal tentang rencana amal dalam liburan ini.
Kedua. melakukan kegiatan yang positif, misalnya mengkaji Islam bareng teman surga. Hal ini sangat membantu circle generasi dengan sahabat taatnya.
Ketiga. memanfaatkan waktu dengan baik. Misalnya dengan sholat tepat waktu, rajin belajar, rajin mengkaji Islam bersama sahabat taat.
Keempat. nongkrong berfaedah. Kumpul dengan teman-teman bukan sekedar hura-hura atau bersenang-senang, tetapi melakukan sesuatu yang bermanfaat misalnya berdiskusi, saling mengingatkan sesama teman, mengajak teman pada kebaikan dan selalu beramar makruf nahi munkar (istilah kerennya yakni dakwah)," jelas Kak Nun.

Karenanya, Kak Nun di akhir pemaparannya mengajak agar generasi muslim memiliki habits ala Rasulullah SAW utamanya amar makruf nahi mungkar yakni dakwah untuk Islam.

"Itulah alasan kita memahami pentingnya dakwah dan memupuk semangat berjuang di usia remaja. Karena dakwah untuk Islam termasuk habits dari teladan kita yakni Rasulullah SAW," pungkas Kak Nun. Wallahu a'lam. []


Oleh: Kak Echa dan Kak Ica
Member SWI
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments