Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Banjir Sedekah

TintaSiyasi.com -- Di buka Ramadan ada yang berbeda di masjid, musala, ataupun jalanan. Apa ya? Yup, pembagian takjil gratis bagi siapa pun yang berpuasa dan ingin menikmati membatalkan puasa sebelum salat Magrib berlangsung. 

Takjil gratis ini tentunya bukan sembarang takjil. Ada unsur ngalap berkah dengan sedekah makanan atau minuman di bulan mulia. Mereka benar-benar ingin menunaikan pesan Rasulullah saw. yang berbunyi:

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

"Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadan." (HR Tirmidzi).

Lebih keren lagi pahala sedekah itu lho yang bikin kaum muslimin ngiler dan berbondong-bondong ingin mendapatkannya. Why? Coz, mereka bakal dapat pahala seperti orang yang berpuasa. Asyik enggak tuh? 

Rasulullah saw. bersabda:

"Barang siapa yang memberikan orang berbuka puasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berbuka tersebut tanpa dikurangi sedikit pun." (HR Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah & Ahmad).

Enggak heran dong ya, jika di kampung-kampung ada penjadwalan siapa yang dapat jatah sedekah takjil di musala atau masjid. Mereka dengan penuh semangat memberikan yang terbaik yang dimiliki. Entah itu berupa makanan atau minuman.

Di beberapa sekolah pun ada program mengajarkan anak didiknya bersedekah. Mereka mengemas minuman dan kue ke kantong plastik. Lalu, setelah salat ashar baris berjajar di pinggir jalan raya untuk berbagi takjil pada pengguna jalan. 

Ya, begitulah indahnya Ramadan. Berbagi menjadi agenda bentuk kepedulian antar sesama muslim. Rasa empati benar-benar ditumbuhkan sebagai wujud mengikuti nasihat Rasulullah bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Banjir sedekah gitu istilahnya. 

Harapannya enggak cukup saat Ramadan saja sedekah ini dijalankan. Pasca Ramadan pun menyisihkan sebagian rezeki untuk sedekah kudu bin wajib dilakukan. Eh, sedekah hukumnya sunah ya! Tetapi, rugi bingits jika kita enggak mengupayakannya. Iya, enggak? 

Nah, biar makin cetar membahana sedekahnya usut punya usut ada beberapa keutamaan sedekah yang telah dilansir dari berbagai sumber:

Pertama, Sedekah menjadi penghapus dosa
Kedua, Allah akan memberi pahala berlipat ganda
Ketiga, Ahli sedekah akan dibebaskan dari siksa kubur
Keempat, Harta ahli sedekah enggak akan habis, malah semakin bertambah keberkahannya
Kelima, Ahli sedekah bisa masuk surga melalui pintu khusus
Keenam, Mendapat naungan di hari akhir ketika tak ada lagi naungan selain naungan-Nya
Ketujuh, Bersedekah membuat hati menjadi tenang
Kedelapan, Mengeratkan hubungan persaudaraan sesama hamba Allah

Masih banyak lagi sebenarnya keutamaan sedekah. Mau tahu? Kaji aja sendiri, eh ramai-ramai sama sohib yes

Dari beberapa keutamaan ini aja kita mustinya enggak bakal mau kena penyakit kikir bin pelit ya! Why? Because, seorang muslim enggak boleh pelit. Haram tahu! 

Allah berfirman:

وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُوْلَةً اِلٰى عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُوْمًا مَّحْسُوْرًا

"Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal." (Surah Al-Isra':29)

Oke, deal ya? Jangan jadi manusia kikir! Jadilah ahli sedekah biar rezeki kita berkah! Siap?

Oleh: Choirin Fitri
(Aktivis Muslimah)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments