Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jangan Terlalu Cinta Dunia

TintaSiyasi.com -- Sobat, dunia  adalah tempat yang dapat memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh jiwa yang berupa kenikmatan dan kesenangan. Kehidupan dunia tidak lain adalah jembatan menuju akherat dan bukan kampung abadi dan tempat tinggal selamanya. Kehidupan dunia seperti ladang yang menakjubkan orang-orang  yang melihatnya karena hijaunya dan banyaknya bunga-bunga di dalamnya. Kemudian semuanya  menjadi  binasa seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa.

Sobat, Abu Umamah berkata, “ Ketika Allah mengutus Nabi Muhammad SAW, para tentara Iblis datang mengadu kepada Iblis. Mereka berkata, “ Seorang Nabi telah diutus dan satu umat terbaik telah dikeluarkan (dilahirkan).  Iblis  berkata, “ Apakah mereka mencintai dunia?” Bala tentaranya menjawab.” Ya.

Iblis berkata,” Jika benar mereka mencintai dunia, aku tak peduli kalau mereka tidak menyembah berhala. Karena aku akan mendatangi mereka pagi dan petang dengan tiga perkara : Mengambil harta bukan dengan cara yang benar, menginfakkan  bukan pada tempat yang benar, dan menahannya dari orang yang berhak menerimanya. Segala keburukan berasal dari ketiga perkara ini.”

وَمَا هَٰذِهِ ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَآ إِلَّا لَهۡوٞ وَلَعِبٞۚ وَإِنَّ ٱلدَّارَ ٱلۡأٓخِرَةَ لَهِيَ ٱلۡحَيَوَانُۚ لَوۡ كَانُواْ يَعۡلَمُونَ 
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut (29) : 64 )

Sobat. Ayat ini menerangkan hakikat kehidupan duniawi, terutama kepada orang-orang musyrik yang teperdaya dengan kehidupan duniawi. Diterangkan bahwa kehidupan duniawi itu hanyalah permainan dan senda gurau saja, bukan kehidupan yang sebenarnya. Pandangan dan pikiran orang-orang musyrik telah tertutup, sehingga mereka telah disibukkan oleh urusan duniawi. Mereka berlomba-lomba mencari harta kekayaan, kekuasaan, kesenangan, dan kelezatan yang ada padanya, seakan-akan kehidupan dunia ialah kehidupan yang sebenarnya bagi mereka. 

Sobat, andaikata mereka mau mengurangi perhatian mereka kepada kehidupan duniawi itu sedikit saja, dan memandangnya sebagai medan persiapan untuk bekal dalam kehidupan lain yang lebih kekal dan abadi, serta mau pula mendengarkan ayat-ayat Allah, tentulah mereka tidak akan durhaka dan mempersekutukan Allah. Andaikata mereka mendengarkan seruan rasul dengan menggunakan telinga, akal, dan hati, mereka tidak akan tersesat dari jalan Allah.

Kemudian Allah menerangkan bahwa kehidupan yang hakiki itu adalah kehidupan akhirat, dan ia merupakan sisi lain dari kehidupan manusia, yaitu kehidupan yang diliputi oleh kebenaran yang mutlak. Kehidupan dunia adalah kehidupan yang di dalamnya bercampur baur antara kebenaran dan kebatilan, sedangkan dalam kehidupan akhirat, kebenaran dan kebatilan telah dipisahkan. Kehidupan akhirat banyak ditentukan oleh kehidupan dunia yang dijalani seseorang, dan tergantung kepada amal dan usahanya sewaktu masih hidup. 

Sobat, kehidupan dunia dapat diibaratkan dengan kehidupan masa kanak-kanak, sedang kehidupan akhirat dapat diibaratkan dengan kehidupan masa dewasa. Jika seseorang pada masa kanak-kanak mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, seperti belajar dan bekerja dengan tekun, maka kehidupan masa dewasanya akan menjadi kehidupan yang cerah. Sebaliknya jika ia banyak bermain-main dan tidak menggunakan waktu sebaik-baiknya, maka ia akan mempunyai masa dewasa yang suram.

Demikianlah halnya dengan kehidupan akhirat, tergantung kepada amal dan usaha seseorang sewaktu masih hidup di dunia. Jika ia selama hidup di dunia beriman dan beramal saleh, maka kehidupannya di akhirat akan baik dan bahagia. Sebaliknya jika ia kafir dan mengerjakan perbuatan-perbuatan yang terlarang, ia akan mengalami kehidupan yang sengsara di akhirat nanti.

Pada akhir ayat ini, Allah memperingatkan kepada orang-orang musyrik agar mengetahui hakikat hidup. Andaikata mereka mendalami dan mengetahui hal itu, tentu mereka tidak akan tersesat dan teperdaya oleh kehidupan dunia yang fana ini. Setiap orang yang berilmu dan mau mempergunakan akalnya dengan mudah dapat membedakan antara yang baik dengan yang buruk, antara yang benar dan yang salah, dan sebagainya.

Allah SWT berfirman :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَقّٞۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُم بِٱللَّهِ ٱلۡغَرُورُ  
“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.” (QS. Fathir (35): 5 )

Sobat, pada ayat ini, Allah menerangkan kebenaran janji-Nya, yaitu terjadinya hari Kebangkitan dan hari Pembalasan. Apabila seseorang taat kepada perintah-Nya akan diberi pahala, dan orang yang mendurhakai-Nya akan disiksa. Janji Allah pada waktunya akan menjadi kenyataan. Dia itu tidak akan pernah menyalahi janji-Nya, sebagaimana firman Allah:
Sungguh, Allah tidak menyalahi janji. (Qs. Ali-Imran: 9

Sobat, oleh karena itu, tidaklah pada tempatnya bila seseorang teperdaya dengan kehidupan dunia yang mewah, sehingga ia "lupa daratan", bahkan melupakan Tuhan. Semua waktunya dipergunakan untuk menumpuk harta tanpa mengingat Allah sedikit pun. Hal demikian itu dilarang oleh Allah sebagaimana firman-Nya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta benda dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. (Qs. Al-Munafiqun: 9)
 
Begitu pula janganlah seseorang dapat tertipu dan teperdaya dengan bujukan dan godaan setan, dengan mudah menuruti bisikan dan ajakannya karena setan tidak hanya mengajak kepada hal-hal yang keji dan mungkar, tetapi kadangkala ia menyuruh orang untuk berbuat baik dengan tujuan ria. 

Allah berfirman :
۞يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِۚ وَمَن يَتَّبِعۡ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِ فَإِنَّهُۥ يَأۡمُرُ بِٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۚ وَلَوۡلَا فَضۡلُ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ وَرَحۡمَتُهُۥ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنۡ أَحَدٍ أَبَدٗا وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ يُزَكِّي مَن يَشَآءُۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٞ 
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.  (QS. an-Nur: 21)

Sobat, pada ayat ini Allah memperingatkan kepada orang-orang yang percaya kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya, agar mereka itu jangan menuruti ajakan setan, mengikuti jejak dan langkahnya, seperti suka dan senang menyebarluaskan aib dan perbuatan keji di antara orang-orang yang beriman. Barangsiapa yang senang mengikuti langkah-langkah setan, pasti ia akan terjerumus ke lembah kehinaan, berbuat yang keji dan mungkar, karena setan itu memang suka berbuat yang demikian. Oleh karena itu jangan sekali-kali mau mencoba-coba mengikuti jejak dan langkahnya. 

Sekiranya Allah tidak memberikan karunia dan rahmat kepada hamba-Nya dan yang selalu membukakan kesempatan sebesar-besarnya untuk bertobat dari maksiat yang telah diperbuat mereka, tentunya mereka tidak akan bersih dari dosa-dosa mereka yang mengakibatkan kekecewaan dan kesengsaraan, bahkan akan disegerakan azab yang menyiksa mereka itu di dunia ini, sebagaimana firman Allah:

Dan Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya Dia tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di bumi) dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. (Qs. an- Nahl: 61)

Allah Yang mempunyai kekuasaan yang tertinggi, bagaimana pun juga, Dia tetap akan membersihkan orang-orang yang dikehendaki-Nya dari hamba-Nya, dengan menerima tobat mereka seperti halnya Hassan, Mistah bin Utsatsah dan lainnya. Mereka itu telah dibersihkan dari penyakit nifak, sekalipun mereka itu telah berperang secara aktif di dalam penyebaran berita bohong yang dikenal dengan "haditsul-ifki", Allah Maha Mendengar segala apa yang diucapkan yang sifatnya menuduh dan ketentuan kebersihan yang dituduh, Maha Mengetahui apa yang terkandung dan tersembunyi di dalam hati mereka yang senang menyebarkan berita-berita keji yang memalukan orang lain.

Sobat, Yahya bin Muádz berkata, “ Orang  yang cerdas  memiliki tiga kriteria : Orang yang meninggalkan dunia sebelum dunia meninggalkannya, membangun kuburnya sebelum memasukinya, dan membuat ridha Penciptanya sebelum ia berjumpa dengan-Nya.”

Sobat, maka takutlah engkau kepada Allah dan ridhalah  terhadap rezeki yang diberikan-Nya. Janganlah engkau pertaruhkan akheratmu yang kekal demi duniamu yang fana. Karena sesungguhnya kehidupanmu di dunia hanyalah baying-bayang yang akan sirna dan dinding bangunan yang doyong, perbanyaklah amal sholehmu dan kurangilah angan-angan.”

Sobat, Abdullah bin Masúd  berkata, “ Rasulullah SAW tidur di atas tikar.Lalu beliau bangun, sementara di badan beliau ada bekas (tanda) tikar. Kami berkata,” Wahai Rasulullah, bagaimana kalau kami buatkan kasur untukmu?  Rasulullah menjawab,” Apa peduliku dengan dunia? Di dunia ini aku hanya seperti seorang pengembara yang berteduh di bawah pohon, kemudian berangkat meninggalkannya.” (HR. Tirmidzi)

Sobat, dalam riwayat yang lain Rasulullah SAW bersabda, “ Perbandingan dunia  dan akherat itu seperti seseorang diantara kamu mencelupkan jarinya ke dalam air laut, lalu lihatlah seberapa banyak air yang menempel pada jarinya itu.” (HR. Muslim).

Sobat, dari Abu hurairah Baginda Rasulullah SAW bersabda, “ Ketahuilah bahwa dunia itu adalah terlaknat, terlaknat apa yang ada di dalamnya kecuali berdzikir kepada Allah, yang melakukan ketaatan kepada-Nya, orang alim atau penuntut ilmu syarí “ (HR. Muslim)

Sobat, setiap ilmu yang tidak sejalan dengan Al-Qurán dan Sunnah atau tidak diambil dari kandungan keduanya atau tidak dapat dijadikan sarana untuk membantu dalam memahami keduanya, atau tidak bersandar kepada keduanya, apa pun bentuknya, ia adalah sebuah kekurangan, membahayakan, hina dan bukan merupakan sebuah keutamaan. Bahkan dengan Ilmu itu seorang manusia akan bertambah rendah dan hina di dunia dan akhirat.

Sobat, ilmu yang paling mulia adalah yang dapat mendekatkanmu kepada Allah dan membantumu meraih keridhaan-Nya.

Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si.
Penulis Buku Gizi Spiritual
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments