Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Begini Penyebab Minim Peran Umat Islam Selesaikan Krisis Dunia


TintaSiyasi.com -- Direktur Forum on Islamic World Studies Ustaz Farid Wadjdi mengungkapkan, penyebab minimnya peran umat Islam dalam menyelesaikan persoalan krisis dunia internasional karena tidak lagi memiliki negara adidaya. 

“Dalam krisis dunia internasional, peran umat Islam sangatlah minim. Krisis, Palestina, Suriah, Afganistan, termasuk dalam krisis Ukraina, tidak ada peran yang signifikan dari umat Islam untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. Penyebabnya adalah karena umat Islam tidak lagi memiliki negara adidaya," ujarnya adalam ceramah singkat dengan tajuk Dimanakah Umat Terbaik Itu? di YouTube Khilafah Channel Reborn, Selasa (05/03/2022). 

Menurutnya, agar umat Islam bisa memberikan pengaruh dalam konstelasi politik internasional, harus dengan negara yang sumber hukumnya mengatur urusan dalam dan luar negeri dengan syariat Islam. Dan visi pembelaannya adalah membela umat Islam. 

"Mau tidak mau harus ada negara yang merepresentasikan ideologi Islam yang visinya adalah visi Islam," ungkapnya.

Itulah yang disebut oleh Ustaz Farid Wadjdi sebagai khilafah yaitu negara merepresentasikan ideologi Islam dan sudah pernah ada selama 1300 tahun dengan pasang surutnya. Namun mampu menjadi mercusuar peradaban dunia dan visinya adalah Islam dan membela kaum Muslim. 

“Negara itulah yang disebut dengan khilafah. Negara Khilafah yang pernah ada selama 1300 tahun, tentu dengan sejarah naik turunnya pernah memimpin dan menjadi mercusuar dunia. Negara Khilafah yang menyatukan kaum Muslim, yang memberikan pembelaan terhadap yang ditintas dan dizalimi,” jelasnya. 

Sayangnya, hari ini kata Ustaz Farid, tidak ada negara yang demikian. Sehingga umat Islam terpecah-belah dan politik luar negerinya mengikuti politik negara-negara imprealis-kapitalis. Urusan-urusan kaum Muslim bahkan diatur dan diurus oleh negara-negara imprealis, seperti Amerika, Eropa, dan Rusia. 

Sehingga harapan untuk menjadi umat terbaik masih sangat jauh menurutnya. Ummat terbaik, yang seharusnya memimpin dunia, terdepan menjadi mercusuar peradaban dunia dengan khilafah, yang menyebarluaskan Islam ke seluruh penjuru dunia, dan memberikn cahaya pada seluruh umat manusia. 

“Namun pada saat sekarang ini, karena kita lihat, apa yang disebut sebagai umat terbaik itu hari ini masih sangat jauh dari harapan kita. Urusan-urusan kaum Muslim bahkan diatur dan diurus oleh negara-negara imprealis. Ya AS, Eropa, Russia. Lantas dimana peran umat Islam? Kenapa umat Islam sebagai umat yang terbaik tidak tampak dalam kontelasi politik internasional? Maka, hanya dengan negara Khilafahlah yang menyebarluaskan Islam ke seluruh penjuru dunia memberikan cahaya pada seluruh umat manusia,” pungkasnya.[] M. Siregar
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments