Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Direktur Forum on Islamic World Studies Jabarkan Tiga Fungsi Penting Negara Khilafah


TintaSiyasi.com -- Direktur Forum on Islamic World Studies Ustaz Farid Wadjdi menuturkan tiga fungsi penting negara khilafah dalam Islam.

"Ada tiga fungsi penting negara khilafah dalam Islam," ujarnya dalam Ekspo Rajab 1443 Ambruknya Kapitalisme, Tegaknya Peradaban Islam: Rajab Speak Up, Sabtu, 26 Februari 2022 di EkspoRajab.com.

Ustaz Farid, sapaannya, menyebutkan, fungsi pertama, adalah menyatukan umat Islam dalam satu kepemimpinan di seluruh dunia. "Umat Islam wajib dipimpin oleh seorang khalifah, inilah yang akan menyatukan umat, karena kesatuan umat sangat bergantung pada kesatuan kepemimpinan, kalau tidak dipimpin oleh seorang pemimpin yang satu maka umat ini sulit untuk dipersatukan," ungkapya.

Ustaz Farid menjelaskan bahwa khilafah berbeda dengan sistem lainnya karena khilafah dipersatukan oleh akidah Islam. "Itulah yang membuat khilafah berbeda dengan sistem lainnya, khilafah tidak dibatasi oleh suku, khilafah tidak dibatasi oleh kabilah, khilafah tidak dibatasi oleh warna kulit dan khilafah tidak dibatasi oleh geografis, khilafah dipersatukan dengan akidah Islam di seluruh dunia," jelasnya.

Fungsi kedua adalah menerapkan seluruh syariat Islam. "Tugas pokok khilafah itu adalah menerapkan seluruh syariat Islam, karena syariat Islam itu ada yang bisa dikerjakan oleh individu, ada yang bisa dikerjakan oleh kelompok, tapi ada yang mutlak harus dilaksanakan oleh negara," lugasnya.

Fungsi yang ketiga adalah mengemban dakwah ke seluruh penjuru dunia. "Inilah politik luar negeri dari negara khilafah, jadi, khilafah dalam politik luar negeri bukan untuk mengeksploitasi wilayah-wilayah lain," lanjutnya.

Ia juga menerangkan, fungsi khilafah menyebarluaskan Islam ke seluruh penjuru dunia, karena seluruh dunia merupakan tanggung jawab khilafah.

"Karena itu khilafah ketika menyebarluaskan Islam sampai pula ke negeri-negeri yang tandus, bukan negeri-negeri yang kaya seperti Afrika, kalau diharapkan kekayaannya tidak akan ada, tapi karena fungsi khilafah itu adalah menyebarluaskan Islam ke seluruh penjuru dunia, karena seluruh dunia itu merupakan tanggung jawab khilafah agar Islam bisa menyebar ke sana," bebernya.

Lebih lanjut ia menegaskan, khilafah ajaran Islam menolak khilafah sama saja menolak sebagian ajaran Islam. "Khilafah itu ajaran Islam, menolak khilafah berarti sama saja menolak sebagian dari ajaran Islam, kalau dia menolaknya berdasarkan i'tiqad keimanannya hati-hati dia bisa jatuh pada kekufuran," pungkasnya. [] Najwa Alifah

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments