Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Direktur Siyasah Institute: Kapitalisme Punya Cacat Bawaan Akut

TintaSiyasi.com -- Menyikapi 101 tahun umat Islam hidup dalam naungan kapitalisme tanpa adanya khilafah, Direktur Siyasah Institute Ustaz Iwan Januar menyatakan kapitalisme punya cacat bawaan akut.

"Kapitalisme sebenarnya sudah sekarat. Itu karena secara mendasar ideologi ini punya cacat bawaan akut," ungkapnya kepada TintaSiyasi.com, selasa (22/2/2022)

Menurut Ustaz Iwan Januar, sekularisme sebagai akidah mereka, menafikan agama sebagai pengatur kehidupan, akibatnya itu mencerabut naluri dasar/fitrah manusia yang ujungnya menciptakan banyak persoalan seperti depresi bahkan bunuh diri karena manusia dibuat tidak punya harapan hidup

"Sementara demokrasi yang jadi sistem pemerintahannya gagal mewujudkan kedaulatan rakyat. Yang terjadi malah menjadikan kaum oligark berkuasa karena kekuatan modal dan kongkalikong dengan politisi, parpol dan elit penguasa," jelasnya.

Ia menambahkan, sistem ekonomi kapitalisme sendiri menciptakan kemiskinan struktural, gap sosial, yakni ada 10 persen orang kaya di Indonesia menguasai lebih dari 70 persen kekayaan nasional.

Selain itu peran kaum intelektual menurutnya yaitu, bertanggung jawab untuk mencerdaskan umat tentang bahaya dan kerusakan kapitalisme ini. Menurutnya, Mereka juga harus berani menghadang kekuasaan yang mengusung kapitalisme, jangan malah ikut dalam gerbong kapitalisme untuk cari makan dan selamat.

"Kalau benar mereka kaum intelektual dan setia dengan akal sehat, harusnya itu semua mereka lakukan. Jangan berkutat di kajian ilmiah, kampus dan mengejar sertifikasi," pungkasnya. []Aslan La Asamu

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments