Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Konser Coldplay Mematikan Empati dan Meningkatnya Kemaksiatan


TintaSiyasi.com -- Mendengar kata "Coldplay" pastinya tidak asing lagi di telinga kita yang menyukai grup musik yang beraliran rock. Grup band asal Inggris ini dibentuk tahun 1997 di London, Inggris. Band asal London, Inggris ini telah berusia lebih dari 20 tahun. Dan mereka dijuluki sebagai The Most Successful Band of the 21st Century. Berbagai penghargaan telah diraihnya hingga mengantarkan grup musik Coldplay tetap eksis hingga sekarang.
 
Dengan ketenaran yang telah diraihnya sampai saat ini dan agar tetap semakin eksis dalam dunia musik maka grup musik Coldplay mengadakan konser keliling dunia yang bertajuk Music of The Spheres World Tour 2023. Dan Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi tempat diadakannya konser grup musik band Coldplay ini. Konser Coldplay akan dilaksanakan pada bulan November 2023 yang akan datang. Dan harga tiket yang dijual sebesar Rp 800.000,- sampai Rp 11.000.000,- oleh pihak penyelenggara.

Sejak mendengar grup band Coldplay akan melakukan konser di Indonesia, berbagai elemen masyarakat sangat antusias untuk membeli tiket yang terhitung amat sangat mahal tersebut. Masyarakat mati-matian untuk memperoleh tiket demi hiburan. Hingga masyarakat tidak memperhatikan kebutuhan asasinya sendiri. Salah satunya seorang pegawai BCA di Yogyakarta mengaku sudah tidak menghitung berapa banyak nasabah BCA yang bertanya mengenai tiket presale konser band yang terbentuk di London, Inggris tersebut. Seorang guru sekolah swasta di BSD bernama Eka yang memang mengidolakan lirik lagu Coldplay mengaku siap adu mujur untuk mendapatkan tiket konsernya. Ia mengaku akan bongkar celengan untuk dapat menonton konser Coldplay di Indonesia. Pasalnya, Coldplay dianggap band langka yang akan mampir ke Indonesia. Dan seorang pegawai swasta di Jakarta Selatan juga mengaku tidak mau ketinggalan momen ini.
 
Dan menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, konser Coldplay ini akan meningkatkan jumlah wisatawan. "Optimistis akan meningkatkan jumlah wisatawan, membawa berkah ekonomi dan lapangan pekerjaan, khususnya bagi para pelaku event dan pelaku ekonomi kreatif," ujar dia, dikutip dari laman Instagram resmi @sandiuno (Kompas.com, jum'at, 12/05/2023). Pasalnya, penggemar Coldplay juga akan datang dari berbagai penjuru Indonesia. Pergerakan ini tentu saja berdampak untuk ekonomi, salah satunya terhadap tingkat okupansi hotel.

Padahal dengan penyelenggaraan konser grup musik Coldplay ini menunjukkan bahwa telah matinya rasa empati dari pihak penyelenggara dan pihak pemberi ijin terhadap penderitaan masyarakat yang ditimpa berbagai persoalan besar di tengah-tengah kehidupan saat ini. Di mana saat ini kita juga dihadapkan oleh sistem kapitalis sekuler yang mencengkeram negeri ini sehingga melahirkan kebijakan yang tidak pernah berpihak kepada rakyat, tetapi malah cenderung makin membebani rakyatnya.

Sistem kapitalis sekuler memaksa negara tidak berperan untuk mengurusi kepentingan rakyatnya, tetapi negara justru lebih berpihak kepada pemilik modal (pihak penyelenggara). Berbagai urusan rakyat diserahkan kepada swasta atau asing. Akibatnya, beban hidup rakyat semakin berat, pendidikan berkualitas yang semakin mahal, kenaikan harga kebutuhan pokok dan beberapa bahan makanan yang tidak terelakkan serta layanan kesehatan yang makin mahal juga.
      
Wasekjen PA212, Novel Bamukmin juga menilai group musik Coldplay yaitu Chris Martin dan kawan-kawannya merupakan kelompok yang mendukung kampanye LGBT yang bertentangan dengan ajaran agama Islam. "Kalau memang sampai mereka jadi menggelar konser, itu artinya kita mendukung mereka mengkampanyekan LGBT dan atheis yang sangat bertentangan dengan nilai agama. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia umat muslim. Jadi sebaiknya kita tolak (konser Coldplay) di Indonesia," kata beliau (beritasatu, sabtu, 13/5/2023).
 
Dan dalam sistem kapitalis sekuler yang saat ini diterapkan menjadikan pergaulan muda mudi semakin bebas, perzinahan dan aborsi semakin merajalela. Kasus LGBT yang semakin banyak dan terus meningkat, pelakunya semakin berani dan bahkan perkawinan sejenis tidak dianggap sebagai penyimpangan bahkan pelakunya menuntut untuk diakui. Sehingga amat sangat wajar jika wasekjen PA212, Novel Bamukmin menolak adanya konser grup band Coldplay yang akan diselenggarakan ini.   

Dari sinilah sesungguhnya pentingnya seorang muslim untuk mengetahui bahwa Islam mengatur bagaimana seorang muslim menikmati hidup sekaligus memiliki rasa empati atas nasib sesama. Hal yang harus dilakukan oleh umat Muslim adalah :

Pertama. Senantiasa mengokohkan iman 
Iman bahwa Allah ada dan Maha Pencipta, sekaligus bahwa Dia Maha Pengatur, Maha Penolong, Maha Pemberi Rezeki, Maha Perkasa, Maha Penyembuh, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dan Allah senantiasa menolong dan memerikan jalan kepada hamba-hambaNya yang beriman dan tidak akan pernah mendzolimi mereka.

Keimanan dan keyakinan yang demikian akan menjadikan seorang Muslim senantiasa optimis dalam kehidupan, punya harapan besar, bersabar dalam menghadapi musibah dan rintangan, tidak mudah menyerah pada keadaan karena yakin bahwa Allah akan menolong serta memberi jalan keluar yang terbaik.

Kedua. Selalu mendekat dan ingat kepada Allah 
Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya mendekatkan diri kepada Allah di setiap kesempatan, baik dalam suka dan duka. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu memperbanyak amalan sunnah dan amal kebaikan lainnya. Yaitu memperbanyak membaca Al-Qur'an, belajar Islam dengan mentadabburi ayat-ayat Al-Qur'an. Melakukan amalan sunnah seperti bersedekah, banyak berzikir, shalat dhuha, shalat hajat ataupun shalat tahajud.

Ketiga. Memahami konsep tawakal kepada Allah 
Tawakal adalah berserah diri kepada Allah SWT dalam segala hal. Tawakal harus beriringan dengan usaha. Tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Merealisasikan tawakal yang hakiki sama sekali tidak bertentangan dengan usaha. Bahkan ketidakmauan melakukan usaha yang halal merupakan pelanggaran terhadap syariah Allah SWT, dan ini justru menyebabkan rusaknya tawakal seseorang kepada Allah. 

Rasulullah bersabda, "Seandainya kalian bertawakal pada Allah dengan tawakal yang sebenarnya, sungguh Dia akan melimpahkan rezeki kepada kalian, sebagaimana Dia melimpahkan rezeki kepada burung yang pergi (menari makan) pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang." (HR Ahmad dan at- Tirmidzi).
    
Dengan memahami konsep tawakal ini, maka seorang muslim akan penuh semangat dan terus berusaha, diiringi dengan keyakinan bahwa semua yang menimpa adalah ketetapan yang terbaik yang Allah berikan kepada setiap muslim. Karena itu harus tetap optimis.

Keempat. Selalu bersyukur atas segala nikmat
Setiap Muslim diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu bersyukur dan juga sekaligus agar jangan sampai tergolong ke dalam orang yang tidak bersyukur kepada Nya. Rasulullah pun bersabda "Orang yang tidak berterimakasih kepada manusia, berarti dia tidak bersyukur kepada Allah." (HR Abu Daud).

Sikap membandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu tanda kurang bersyukur. Dan sikap kurang bersyukurmenjadi salah satu penyebab munculnya stres. Rasulullah bersabda, "Lihatlah orang yang dibawah kalian dan janganlah kalian melihat orang yang diatas kalian. Sungguh hal ini akan menjadikan kalian tidak merendahkan nikmat Allah yang telah Dia berikan kepada kalian." (HR Muslim).

Kelima. Selalu berdoa kepada Allah untuk kebaikan. Sudah menjadi sebuah keharusan kita menghiasi lisan kita dengan doa-doa agar kita selalu diberikan keberkahan, terjaga dari keburukan, penuh kasih sayang dan siap menghadapi beratnya beban hidup. Seorang muslim dianjurkan untuk bersbar, memohon ampunan dan memanjatkan doa kepada Allah.
  
Salah satu contoh doanya adalah : "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakuka kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Pelindung kami. Karena itu tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS Al-Baqarah : 286).
    
Di sisi lain, sesungguhnya Islam mewajibkan negara menjamin terpenuhinya kebutuhan asasi atas setiap individu. Dan Islam memiliki cara untuk mewujudkan suatu negara menjadi negara yang independen dan antikrisis. Implementasi Islam menjadikan negara auto mandiri. Mulai dari karakteristik politik ekonomi Islam yang memanusiakan manusia, pengaturan kepemilikan, mata uang yang tahan terhadap krisis hingga pasar yang berbasis sektor riil.

Pertama : Karakteristik politik ekonomi Islam yang memanusiakan manusia.
Politik Ekonomi Islam adalah jaminan pemenuhan kebutuhan primer (sandang, pangan dan papan) setiap orang serta pemenuhan kebutuhn sekunder dan tersiernya sesuai dengan kadar kemampuannya sebagai individu yang hidup dalam masyarakat tertentu yang memiliki gaya hidup yang khas.

Kedua : Pengaturan Kepemilikan.
Dalam Islam, konsep kepemilikan dibagi menjadi tiga yaitu milik pribadi, milik umum dan milik negara. Energi masuk dalam kategori milik umum, bisnis pangan masuk dalam kategori milik individu. Terhadap kepemilikan individu, negara hanya memastikan tidak terjadi distorsi pasar. 
Adapun terkait energi, Islam memandang hukum asalnya adalah milik umat, dengan demikian produk energi tidak boleh diperdagangkan. Energi harus dinikmati oleh masyarakat dengan harga yang murah. Implementasi Islam dengan sendirinya menolak segala bentuk penguasaan koorporasi terhadap energi. Negara yang bersistem Islam tidak akan pernah mengizinkan perusahaan swasta menguasai energi apalagi swasta asing.

Ketiga : Mata uang yang tahan krisis.
Biang kerok adanya krisis dunia adalah mata uang kertas yang tidak berbasis emas dan perak. Akibatnya, dunia sangat rawan mengalami pelemahan nilai tukar. Nilai uang terus melemah dari waktu ke waktu, dunia mengalami inflasi tanpa henti. Dalam Islam mata uang wajib berstandar emas dan perak yang memiliki nilai tukar yang stabil dan tahan terhadap inflasi.

Keempat : Pasar yang berbasis sektor riil.
Ekonomi Islam adalah perekonomian yang berbasis sektor riil. Islam tidak mengenal sektor non riil seperti yang ada dalam sistem ekonomi kapitalis. Islam memandang kegiatan ekonomi hanya terdapat dalam sektor riil seperti pertanian, industri, perdagangan dan jasa. Dari sektor inilah kegiatan ekonomi didorong untuk berkembang semakin maju. 
  
Wallahu a’lam bishshawab. []


Oleh: Dewi Rahayu Cahyaningrum
Komunitas Muslimah Rindu Jannah Jember
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments