Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Prof. Suteki: Di mana Keadilan Hendak Dicari dan Ditemukan?

TintaSiyasi.com -- PBNU minta pemerintah larang HijrahFest, Pakar Hukum dan Masyarakat, Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. mempertanyakan di mana rasa keadilan itu hendak dicari dan ditemukan.

"Dimana rasa keadilan itu hendak dicari dan ditemukan? Ironis!" tuturnya pada TintaSiyasi.com, Ahad (30/10/2022).

Guru Besar Fakultas Hukum Undip ini menyampaikan, kita patut bertanya, apakah kegiatan keagamaan Islam (HijrahFest dan HijabFest) yang seharusnya dilindungi oleh pemerintah namun karena distigmatisasi buruk oleh kelompok ormas tertentu lalu menjadi absah untuk dibubarkan dan dilarang pemerintah. 

"Apakah hal itu bukan justru menunjukkan bahwa islamofobia masih dan sedang melanda masyarakat, ormas, dan pemerintah, sementara PBB telah menggencarkan gerakan antiislamofobia sejak Maret 2022?" tanyanya lagi.

Menurut Prof. Suteki, bila betul HijrahFest dianggap sebagai embrio radikalisme, ekstremisme, dan terorisme, maka asumsi itu terlalu prematur dan terkesan terpapar islamofobia. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemerintah seharusnya lebih hati-hati menyematkan narasi radikalisme, ekstremisme, apalagi dikait-kaitkan dengan terorisme. 

"Tidak dapat dipastikan adanya korelasi signifikan bahwa radikalisme adalah pangkal terorisme, apalagi indikatornya sangat obscure dan lentur tergantung kemauan pemerintah," pungkasnya. [] Puspita Satyawati
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments