Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Khilafah Disejajarkan Komunisme, Prof Suteki: Sangat Menodai Ajaran Agama Islam


TintaSiyasi.com -- Pakar Hukum dan Masyarakat Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. menegaskan bahwa mensejajarkan ajaran Islam khilafah dengan komunisme itu sangat menodai ajaran agama Islam. 

"Narasi khilafahisme disejajarkan dengan komunisme jelas sangat menodai ajaran agama Islam," tuturnya dalam Fokus: Menyorot Para Pembenci Khilafah, Ahad (5/06/2022) di kanal YouTube UIY Official. 

Dia menekankan bahwa khilafah bukanlah isme tetapi sistem pemerintahan yang berbasis pada ideologi Islam. Mengkriminalkan ajaran Islam adalah tindakan gegabah dan menistakan agama. 

"Jika Indonesia menyatakan belum menerima sistem kekhalifahan sebagai sistem untuk mengatur penyelenggaraan negara, tentu tidak serta merta menempatkan ajaran Islam ini sebagai isme yang dilarang," jelasnya. 

Prof Suteki menyatakan jika sengaja menyamakan khilafah dengan paham komunisme, radikalisme dan paham lain yang negatif adalah termasuk merendahkan dan menodai ajaran agama Islam sehingga dapat dinilai sebagai penistaan agama. 

"Dalam hal ini dapat dinilai sebagai bentuk permusuhan atau kebencian terhadap ajaran agama Islam. Dapat dinilai sebagai bentuk pelanggaran Pasal 156a KUHP bahwa harus diingat unsur utama untuk dapat dipidananya Pasal 156a adalah unsur sengaja jahat untuk memusuhi, membenci dan/atau menodai ajaran agama (malign blasphemies)," jelasnya. 

Ia kembali menegaskan bahwa khilafah adalah bagian dari ajaran agama Islam di bidang politik (siyasah). Dalam hal ini ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yang kemudian dilanjutkan oleh para khalifah setelah beliau. Oleh karena itu, tidak layak disejajarkan dengan paham lain buatan manusia. 

"Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa khilafah itu betul-betul bagian dari ajaran Islam yang dipelajari dalam kitab-kitab fikih terkait dengan bab siyasah. Tidak tepat disejajarkan dengan komunisme, kapitalisme, marxisme-leninisme yang secara formal memang sudah dilarang di Indonesia. Kita mesti fair terhadap ajaran Islam ini, tidak boleh menistakannya dengan cara mengkriminalisasikan," tegasnya. 

Diapun khawatir jika kesesatan berfikir tentang khilafah dibiarkan, maka bisa saja nanti ajaran Islam yang lain akan juga disejajarkan dengan ajaran atau isme buatan mausia. 

"Bisa saja mereka akan melecehkan kesucian ajaran haji dengan haji-isme, jihad-isme, zakat-isme, jilbab-isme, dan lain-lain. Padahal itu jaran islam yang pasti baik buat manusia karena datang dari Allah SWT, sang Pencipta alam semesta," pungkasnya.[]Rasman
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments