Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tujuh Jurus Menjaga Kemuliaan Interaksi Wanita dan Pria


TintaSiyasi.com -- Pengamat Politik Islam Dr. Riyan, M.Ag. mengungkapkan tujuh jurus dalam menjaga kemuliaan interaksi wanita dan pria. “Inilah tujuh jurus menjaga kemuliaan interaksi wanita dan pria,” ungkapnya dalam Kajian Siyasi: Ada Apa Dibalik Pengesahan UU TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) di YouTube Ngaji Subuh, Senin (18/04/2022).

Pertama, Islam memerintahkan kepada pria dan wanita untuk menundukkan pandangan,” ujarnya. 

Kedua, Islam memerintahkan kaum wanita untuk berhijab syar’i dan dilarang tabaruj. “Yaitu, menggunakan kerudung menutup kepala hingga dada dan jilbab atau baju panjang, dan dilarang tabaruj atau bersolek bukan di depan suami,” jelasnya.

Ketiga, Islam melarang wanita melakukan perjalanan (safar) selama sehari semalam tanpa disertai dengan mahram,” ucapnya.

Keempat, Islam melarang berdua-duaan, kecuali wanita disertai dengan mahram. “Say no to pacaran, now!” tegasnya.

Kelima, Islam melarang wanita keluar rumah, kecuali seizin suaminya. Keenam, Islam menjaga agar kehidupan khusus komunitas wanita terpisah dengan komunitas pria,” tuturnya.

Riyan mengatakan, baik wanita dan pria bisa berinteraksi di tempat umum. Namun, jika sudah selesai, maka harus kembali kepada kehidupan khusus masing-masing.

Ketujuh, Islam sangat menjaga agar kerja sama antar wanita dan pria bersifat umum dalam urusan muamalat, dan bukan dalam hubungan khusus. Contoh, interaksi wanita dan pria yang bukan mahram,” sambungnya.

“Ada tiga pihak yang berperan penting dalam menjaga kerja sama pria dan wanita agar tetap dalam Islam, yakni individu, masyarakat, dan negara (terkait dengan sanksi yang syar’i),” pungkasnya.[] Mustaqfiroh
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments