Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sejarawan: Khilafah Islam Merupakan Pemersatu Dunia Islam


TintaSiyasi.com -- Mendedah film dokumenter Jejak Khilafah di Tatar Sunda (JKTS), Sejarawan dan Filolog Salman Iskandar mengatakan bahwa khilafah Islam merupakan pemersatu dunia Islam. 

"Khilafah Islam itu merupakan pemersatu dunia Islam, khususnya kaum Muslim yang ada di Nusantara, Jawa, dan Tatar Sunda," tuturnya dalam Kajian Sejarah dan Peradaban, Jum'at (11/02/2022) di saluran Youtube Ngaji Subuh.

Menurutnya, kaum Muslim sangat konsisten dalam memperjuangkan Islam dan mereka ingin hidup di bawah naungan Islam, yaitu khilafah. 

"Kaum Muslim atau siapa pun yang ada di Tatar Sunda konsisten memperjuangkan Islam. Mereka ingin hidup dalam naungan Islam, dalam institusi pemersatu dunia Islam yaitu al-khilafah", ungkapnya. 

Salman mengatakan, umat Islam dipersatukan oleh akidah Islam di bawah naungan syariah dan khilafah. Jadi, edukasi dari film tersebut tidak sebatas tontonan, tetapi tuntunan mengajak umat untuk berjuang. 

"Film tersebut tidak hanya sebatas tontonan, tetapi tuntunan yang kita sajikan kepada umat berupa pemikiran dan pemahaman mengajak mereka untuk berjuang," jelasnya. 

Berjuang

Salman menyebutkan, generasi terdahulu memiliki perjuangan bukan sebagai bangsa yang dikalahkan, tetapi bangsa yang berjuang dalam mengusir penjajah. 

"Lihat tuh generasi kita terdahulu, leluhur-leluhur, nenek moyang, mereka memiliki perjuangan bukan sebagai bangsa terjajah, bukan sebagai bangsa yang dikalahkan, tetapi kita adalah bangsa yang berjuang lebih dari 350 tahun berjuang mengusir kaum penjajah," katanya. 

Karena itu, Salman menegaskan, film tersebut mengajak umat untuk sama-sama mengemban kewajiban dan tanggung jawab yang sama, bahwa khilafah layak untuk diperjuangkan. 

"Tayangan film ini juga mengajak umat untuk sama-sama berjuang, karena perjuangan ini tidak bisa dilakukan oleh individu per individu semata, tetapi harus berjamaah dalam kelompok yang sama di antara umat untuk mengemban tanggung jawab dan kewajiban yang sama, bahwa penegakkan syariah dan khilafah itu layak untuk diperjuangkan, karena merupakan kemuliaan bagi kaum Muslim", tegasnya. 

Lebih lanjut, Salman menyampaikan, harapan agar pemirsa tidak semata-mata membawa perasaan setelah menonton film tersebut, tetapi ikut berjuang meraih kemuliaan sebagai bekal amal shalih dikemudian hari. 

" Setelah menonton film tersebut, bukan hanya semata-mata baper, tetapi mengajak umat. Yuk, sama-sama berjuang meraih kemuliaan, sebagaimana yang pernah dirintis oleh para pendahulu kita, dan perjuangan itu akan menjadi bekal di kemudian hari saat ditanya amal shalih kita di dunia ini seperti apa", pungkasnya.[] Najwa Alifah
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments