Terbaru

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ideologi Kapitalisme Masih Akan Bertahan Lebih Lama?


TintaSiyasi.com -- 101 Tahun Runtuhnya Khilafah, Pakar Riset Sistem Informasi Spasial Prof. Dr. -Ing. H. Fahmi Amhar memprediksi ideologi kapitalisme masih akan bertahan lebih lama lagi.

"Kapitalisme kemungkinan masih akan bertahan lebih lama lagi," tuturnya kepada TintaSiyasi, Sabtu (19/02/2022).

Pasalnya, ia melihat ideologi kapitalisme selama ini adaptive sekali. "Zaman sekarang, banyak unsur-unsur sosialisme dan unsur-unsur Islam yang diambil (di-kapitalisasi)," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut yang menjadikan orang-orang yang tidak memahami ideologi kapitalisme secara mendasar, menyangka bahwa kapitalisme telah "bertobat".

Ditambah lagi menurutnya, para ilmuwan Muslim masih banyak yang apolitis dan an-ideologis. "Sehingga mereka masih banyak yang bersikap sebagail penonton: Wait and See," paparnya.

Padahal para ilmuwan, menurutnya dapat berperan memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang aneka persoalan yang terpancar dari ideologi kapitalisme.

"Seperti global warming, kesenjangan ekonomi utara-selatan, kesenjangan antar generasi, digital-divide, dan sebagainya," pungkasnya.[] Dewi Srimurtiningsih
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments